Peristiwa atau Kejadian Yang Biasa di Tanggung Kerugiannya Oleh Perusahaan Asuransi


Peristiwa yang tidak menyenangkan bisa kapan saja terjadi ketika saat perjalanan, walaupun terkadang dalam situasi yang mendesak dan penting. Manusiakita juga tidak dapat menerka kapan peristiwa tidak menyenangkan terjadinya, peristiwa tersebut musibah, kecelakaan, kesialan, atau kematian. Namun, ada baiknya kita menyiapkan segalanya lebih dini, melindungi diri sendiri serta  orang-orang tercinta melalui berbagai produk asuransi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di antara beragam produk asuransi yang ada, salah satu jenis yang sering dilupakan adalah Travel Insurance alias asuransi perjalanan. Pada kesempatan kali ini blog asuransi perjalan akan membahas tentang peristiwa apa saja yang ditanggung atas segala kerugian yang kita alami saat sedang bepergian, apabila terdaftar dalam asuransi perjalanan.

Kita harus jeli dan lihai dalam memilih dan membeli asuransi, terutama asuransi perjalanan, segala kerugian yang kita alami akibat berbagai masalah tak terduga saat melakukan perjalanan, seperti berikut ini yang biasanya dapat kita claim
Peristiwa atau Kejadian Yang Biasa di Tanggung Kerugiannya Oleh Perusahaan Asuransi
Peristiwa atau Kejadian Yang Biasa di Tanggung Kerugiannya Oleh Perusahaan Asuransi 


Peristiwa atau Kejadian Yang Biasa di Tanggung Kerugiannya Oleh Perusahaan Asuransi 

1. Pembatalan tiket perjalanan
Menjadi hal yang sangat menjengkelkantidak menyenangkan apabila  terjadi pembatalan perjalanan padahal kita  sedang diburu waktu dan harus menghadiri suatu acara penting. Bukan hanya rugi waktu, namun kita juga akan mengalami kerugian waktu dan kesempatan.

Tidak bisa dibayangkan, perjanjian bisnis dengan klien penting yang tidak bisa ditunda bisa berantakan hanya gara-gara penerbangan yang seharusnya mengantar kita ke tempat tujuan tiba-tiba dibatalkan. Selain itu, imej perusahaan di depan klien pun tentu jadi memburuk. Apabila peristiwa tersebut dan  kita  memiliki asuransi yang mau mengganti kerugian akibat pembatalan perjalanan tersebut, maka ada sejumlah ganti rugi yang bisa didapatkan. Kodisi ini sering disebut dengan Trip Cancellation Insurance, nantinya coverage ini akan didasarkan pada beberapa klaim dari pihak penyedia jasa antara lain terjadinya pemogokan massal, cuaca buruk dan berbahaya sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan, kerusakan mesin, kerusakan area yang dituju, tempat ‘landing’ yang akan dikunjungi ditutup, atau melewati daerah sengketa dan perang.

Sedangkan alasan pembatalan dari pihak pemilik polis yang dapat diklaim antara lain orang yang bersangkutan mendadak sakit parah, meninggal dunia, harus berurusan dengan hukum, atau tertimpa musibah  seperti banjir dan kebakaran.

Pada umumnya, hasil klaim yang akan diterima oleh pemegang polis berupa penggantian tiket, namun ada kalanya juga berupa uang apabila ada kesepakatan dari kedua belah pihak. Perlu diingat pula bahwa setiap produk asuransi yang meng-cover pembatalan perjalanan ini memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Ada yang hanya berdurasi beberapa jam saja sampai akhirnya klaim keluar, ada pula yang mengharuskan pemiliki polis menunggu sampai hitungan hari.

2. Kerusakan atau kehilangnya barang pribadi dalam bagasi
Tidak semua perusahaan asuransi yang mau mengganti kerugian terhadap rusak atau hilangnya barang yang disimpan dalam bagasi. Dan akan menjadi satu hal yang sangat mengecewakan apabila kita mengalami hal tersebut, bukan?  Maka dari itu, pastikan kita memilih asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kondisi semacam ini atau biasa disebut sebagai Baggage Insurance.  Hal ini akan melindungi kita dari risiko kerugian yang diakibatkan oleh kehilangan, kerusakan, atau hancurnya barang bawaan baik ketika sedang dalam perjalanan darat, laut, maupun udara.

3. Kerusaknya barang yang dikirimkan melalui kapal laut
Ada pula jenis asuransi yang masuk dalam lingkup asuransi perjalanan yang dinamakan Marine Insurance. Asuransi jenis ini akan melindungi semua barang yang dikirimkan atau berada dalam kapal laut, kargo, dan sejenisnya.

4.  Kehilangan data atau dokumen penting
Ada pula Loss Documents Insurance yang melindungi kita dari kerugian akibat kehilangan dokumen penting dalam perjalanan. Dengan asuransi ini, kita tak perlu mengeluarkan biaya lebih saat kehilangan dokumen-dokumen penting seperti surat berharga, data perusahaan, sampai dengan passport atau juga ID Card.

Klaim perlindungan terhadap dokumen ini dapat dilakukan apabila terjadinya kerusakan, kehilangan, atau bencana alam dan segala sesuatu di luar kemauan pemilik polis. Untuk melakukan klaim, kita harus memiliki bukti yang kuat sebagai penunjangnya dan bagi perusahaan asuransi yang memiliki produk tersebut maksimal akan memberikan ganti rugi sampai dengan 60 hari ke depan.

5.  Masalah kesehatan yang memburuk
Tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang akan sakit. Tentunya akan sangat merepotkan apabila kita sedang berada dalam perjalanan tiba-tiba harus melakukan pengobatan ataupun tindakan medis lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkannya asuransi yang dapat memberikan perlindungan ketika sakit terjadi secara tiba-tiba. Mayoritas perusahaan asuransi yang memiliki produk perlindungan kesehatan dalam perjalananan akan memberikan perawatan dan evakuasi medis termasuk penggantian biaya kesehatan dan rinciannya kepada pemilik polis. Dan perlindungan asuransi ini berlaku di semua negara atau tempat.

 6. Pemulangan jenazah
Ketika pemilik polis mengalami suatu hal tak terduga yang menyebabkan kematian saat berada di kota atau negara lain, maka perusahaan asuransi akan memberikan coverage dengan mengurus pemulangan jenazah serta biayanya.
                                                                                                                        
Sangat penting memilih asuransi perjalanan yang tepat, gunakan fasilitas online untuk mendapatkan informasi penting dan perbandingan antara perusahaan asuransi

Comments