Cara Klaim Asuransi Perjalanan
Untuk menikmati suasana yang baru dan keluar dari kepenatan rutinitas, hal yang paling menyenangkan adalah dengan melakukan travelling atau perjalanan. Setidaknya dalam kurun waktu satu tahun ada waktu liburan setidaknya 2 sampai 3 kali, misalnya libur lebaran, libur pada akhir tahun dan juga libur panjang atau long weekend. Disaat kamu akan melakukan suatu perjalanan, hal yang harus dipikirkan bukan hanya pertimbangan untuk bersenang-senang namun kamu juga harus memiliki rencana cadangan apabila disaat liburan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Karena itulah kamu perlu memikirkan untuk membeli asuransi perjalanan, agar perjalanan kamu menjadi aman dan menyenangkan.Sebelum kita melanjutkan alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu manfaat asuransi perjalanan dibawah ini :
1. Dana Perawatan Medis
Kadangkala disaat kita melakukan suatu perjalanan atau berlibur, musibah datang pada waktu yang tidak tepat. Misalnya disaat kamu melakukan suatu perjalanan ke luar negeri, kamu mengalami sakit yang dikarenakan perbedaan cuaca yang ekstrim. Tentunya kamu sudah tahu bahwa biaya perawatan untuk kesehatan di luar negeri terbilang cukup mahal. Karena itulah apabila Anda memiliki asuransi perjalanan biaya perawatan dapat ditanggung oleh pihak asuransi tersebut.
2. Sumbangan atas Kematian
Apabila pemilik asuransi mengalami hal yang buruk atau meninggal, maka pihak asuransi perjalanan akan memberikan dana santunan kepada keluarga pihak pemiliki asuransi perjalanan tersebut.
3. Kompensasi Pembatalan atau Keterlambatan Perjalanan
Kamu pasti akan merasa jengkel apabila mengalami pembatalan atau keterlambatan perjalanan. Dengan adanya asuransi perjalanan kamu akan mendapat ganti rugi atas pembatalan dan keterlambatan perjalanan yang di lakukaan oleh pihak maskapai.
4. Kerusakan atau Kehilangan Bagasi
Hal yang sering dihadapi oleh para traveller disaat melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang adalah penanganan bagasinya. Begitu banyak isu yang bererdar mengenai oknum yang tidak memiliki tanggung jawab disaat melakukan pengecekan bagasi atau disaat menurunkan bagasi. Dengan adanya hal ini maka perusahaan asuransi perjalanan akan mengganti segala kerusakan dan kehilangan bagasi sesuai dengan aturan yang tertulis pada polis asuransi.
travelling |
Selain hal-hal yang ada diatas, kadang kala ada peristiwa-peristiwa yang tidak dapat diprediksi misalnya bencana alam dan aksi terorisme. Namun, tidak semua perusahaan asuransi perjalanan dapat melakukan perlindungan terhadap bencana alam dan aksi terorisme tersebut.
Disaat kamu akan melakukan suatu perjalanan ke luar negeri, misalnya Eropa maka kamu diwajibkan untuk memiliki asuransi perjalanan sebelum keberangkatan ke negara tersebut. Tetapi terkadang kita tidak tahu cara untuk mengklaim asuransi saat resiko tersebut terjadi. Saat ini banyak perusahaan asuransi perjalanan yang melayani klaim menggunakan media online. Dengan mengunggah dokumen kamu yang diperlukan oleh perusahaan asuransi perjalanan, kamu sudah dapat mengajukan klaim pada perusahaan asuransi perjalanan tersebut.
Disaat proses pengambilan dana asuransi perjalanan terbagi dalam dua skema yaitu :
1. Worlwide provider ( internasional )
Jika perusahaan tersebut termasuk dalam worlwide provider, maka apabila kamu mengalami kecelakaan, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan cara menunjukkan asuransi tersebut kepada pihak rumah sakit. Tetapi asuransi ini tidak tersedia pada semua perusahaan asuransi perjalanan, hanya beberapa perusahaan asuransi perjalanan yang menyediakannya.
2. Reimburse
Pada umumnya skema reimburse banyak digunakan untu pengajuan klaim. Misalnya disaat kamu jatuh sakit atau mengalami kecelakaan disaat melakukan suatu perjalanan ke luar negeri, maka kamu bisa berobat terlebih dahulu di negara tempat kamu berkunjung. Sebagai bukti untuk mengajukan klaim di indonesia kamu bisa meminta surat keterangan dari dokter.
Sebelum kamu membeli produk asuransi perjalanan, hal yang selalu perlu kamu ingat adalah harus menenliti terlebih dahulu semua fasilitas yang tersedia pada perusahaan asuransi tersebut. Misalnya dimana saja asuransi perjalanan dapat berlaku dan berapa lama, berapa besar tanggungan yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi perjalanan tersebut, dan cara klaim yang berlaku.
Dibawah ini merupakan panduan umum cara klaim asuransi perjalanan :
- Dalam waktu kurang dari 14 hari setelah peristiwa yang dialami, kamu perlu melakukan pemberitahuan tertulis kepada perusahaan asuransi perjalanan.
- Kamu perlu mengisi formulir klaim dan juga beberapa dokumen-dokumen yang diperlukan. Pada umumnya dokumen-dokumen yang diminta yaitu fotocopy identitas diri, formulir klaim, boarding pass (tiket), sertifikat asuransi dan juga dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan.
Comments